Editor : Redaksi
|
Reporter : Yan Bere

MATALINEINDONESIA.COM-Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan Potensi Cuaca Ekstrem di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) Rabu 03-09 April 2024 dengan Nomor: B/MΜΕ.02.04/020/KKOE/IV/2024.

Menurut BMKG Berdasarkan analisis Dinamika Atmosfer dan Laut, terpantau adanya pusaran angin masuk (Sirkulasi Siklonik) disebelah Utara NTT (Laut Flores) sehingga membentuk daerah pertemuan dan belokan angin di wilayah NTT.

Diprakirakan pada tanggal 04 April 2024 terpantau adanya daerah pusaran angin masuk (sirkulasi siklonik) disebelah Barat Daya Sumba, didukung dengan suhu muka laut yang hangat serta kelembapan udara yang tinggi dari lapisan bawah hingga lapisan atas atmosfer yang juga mendukung terbentuknya daerah pertemuan angin di wilayah NTT serta Equatorial Rossby Wave yang sudah aktif sejak tanggal 2 April 2024.

Hal ini meningkatkan potensi hujan ringan lebat bahkan ekstrim yang dapat disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat.

BMKG Sampaikan Peringatan Dini tentang Waspada potensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat bahkan ekstrim yang dapat disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat di seluruh seluruh wilayah Kota dan Kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Tetap Terhubung Dengan Kami:
Laporkan Ikuti Kami Subscribe

CATATAN REDAKSI: Apabila Ada Pihak Yang Merasa Dirugikan Dan /Atau Keberatan Dengan Penayangan Artikel Dan /Atau Berita Tersebut Diatas, Anda Dapat Mengirimkan Artikel Dan /Atau Berita Berisi Sanggahan Dan /Atau Koreksi Kepada Redaksi Kami Laporkan,
Sebagaimana Diatur Dalam Pasal (1) Ayat (11) Dan (12) Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers.