Editor : Redaksi

Matalineindonesia.com-Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Menyampaikan Peringatan Dini Gelombang Tinggi No. : ME.01.02/186/KTUG/VIII-2023, Rabu 02-03/08/2023.

Menurut BMKG Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya bergerak dari Tenggara-Barat Daya dengan kecepatan angin berkisar 8–25 knot, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan umumnya bergerak dari Timur-Tenggara dengan kecepatan 8–25 knot. Kecepatan angin tertinggi terpantau di Perairan utara Sabang, Laut Banda, Laut Arafuru, dan Perairan Kep. Kai – Kep. Aru.

Tinggi Gelombang 1.25 – 2.5 Meter berpeluang terjadi di : Selat Sape Bagian Selatan, Selat Sumba Bagian Barat, Laut Sawu, Perairan Selatan Kupang–Rote, Samudera Hindia selatan kupang, rote.

Tinggi Gelombang 2.5-3.0 Meter berpeluang terjadi di : Samudera Hindia Selatan Sumba-Sabu.

Waspada risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran : Perahu Nelayan (Kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1.25 m), Kapal Tongkang (Kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1.5 m), Kapal Ferry (Kecepatan angsin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2.5 m), Kapal Ukuran Besar seperti Kapal Kargo/Kapal Pesiar (Kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4.0 m).

Tetap Terhubung Dengan Kami:
Laporkan Ikuti Kami Subscribe

CATATAN REDAKSI: Apabila Ada Pihak Yang Merasa Dirugikan Dan /Atau Keberatan Dengan Penayangan Artikel Dan /Atau Berita Tersebut Diatas, Anda Dapat Mengirimkan Artikel Dan /Atau Berita Berisi Sanggahan Dan /Atau Koreksi Kepada Redaksi Kami Laporkan,
Sebagaimana Diatur Dalam Pasal (1) Ayat (11) Dan (12) Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers.