Editor : Yan Bere

Matalineindonesia.com-Dampak minimnya ketersediaan lapangan pekerjaan terhadap ekonomi keluarga memaksa beberapa orang untuk memilih merantau demi memenuhi kebutuhan hidup keluarga mereka. Namun, dalam kasus ini, lima calon pekerja migran Indonesia (PMI) yang ingin berangkat ke Malaysia mengalami kesulitan.

Kelima calon PMI tersebut dihentikan oleh aparat kepolisian di Kalimantan Barat karena mereka berangkat secara ilegal. Informasi tentang adanya penampungan PMI ilegal di rumah kontrakan di Kabupaten Kubu Raya didapatkan oleh tim penyidik Subdit 4 Ditreskrimum Polda Kalbar berdasarkan laporan dari masyarakat.

Pihak kepolisian berhasil mengamankan lima calon PMI ilegal, empat laki-laki dan satu perempuan, yang berasal dari NTT dan Jawa Timur. Selain itu, beberapa barang bukti seperti tiga paspor dan empat handphone milik para calon PMI juga berhasil diamankan di lokasi kejadian. Demikian yang dikutip dari Berbagai Sumber, Minggu 21/05/2023.

Kabid Humas Polda Kalbar, Kombes Pol Raden Petit Wijaya, menjelaskan bahwa seluruh calon PMI ilegal saat ini telah diamankan di Mapolda Kalbar. Pihak kepolisian masih terus menyelidiki kasus ini untuk mengungkap pihak yang merekrut calon PMI ilegal tersebut.

Kombes Petit mengimbau masyarakat Indonesia, terutama di Kalimantan Barat, untuk menggunakan jalur resmi yang ditetapkan oleh pemerintah jika ingin menjadi calon PMI yang bekerja di luar negeri. Dia juga meminta agar calon PMI melengkapi dokumen yang diperlukan sebagai persyaratan.

Tetap Terhubung Dengan Kami:
Laporkan Ikuti Kami Subscribe

CATATAN REDAKSI: Apabila Ada Pihak Yang Merasa Dirugikan Dan /Atau Keberatan Dengan Penayangan Artikel Dan /Atau Berita Tersebut Diatas, Anda Dapat Mengirimkan Artikel Dan /Atau Berita Berisi Sanggahan Dan /Atau Koreksi Kepada Redaksi Kami Laporkan,
Sebagaimana Diatur Dalam Pasal (1) Ayat (11) Dan (12) Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers.