Editor : Redaksi
|
Reporter : Yan Bere

Matalineindonesia.comKampus Institut Teknologi Perikanan Nusantara (ITPN) Ende lahir dari dukungan dan permintaan Pemerintah Daerah Kabupaten Ende karena melihat potensi Perikanan yang sangat besar di NTT.

Hal ini disampaikan Rektor ITPN Ende Elias Oktovianus Lodo Pe, S.Pi., M.Si di kantor sekretariat ITPN Ende, Jalan Melati Kelurahan Mautapaga, Kecamatan Ende Timur, Kabupaten Ende, NTT. Jumat (19/07/23).

NTT memiliki potensi perikanan yang sangat besar, baik dari sektor Budidaya, Perikanan tangkap, maupun pengolahan hasil perikanan. Namun sejauh ini belum ada yang begitu fokus mengarah kesana sedangkan kalau mau dibilang pemasok perikanan nasional itu paling besar dari Indonesia bagian timur dan NTT merupakan salah satunya. Perairan laut Sawu dan laut Flores merupakan jalur migrasi perikanan pelagis bernilai ekonomis tinggi. Sehingga tidak heran bila nelayan di Kabupaten Ende, Kabupaten Sikka, Kabupaten Flores Timur dan Lembata kebanyakan menangkap ikan seperti tuna, tongkol dan cakalang, karena perairan ini merupakan jalurnya mereka. Ini potensi yang sangat besar, yang selama ini kita kesampingkan. Salah satu tujuan lahirnya ITPN, adalah bagaimana kita memahami potensi yang ada, kita menggelolah dan kita memanfaatkannya secara berkelanjutan, untuk kepentingan masyarakat secara luas, oleh karena itu ITPN hadir dengan 3 prodi unggulan yaitu Akuakultur, Teknologi Penangkapan Ikan dan Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan dan sejauh ini untuk daratan Flores ataupun NTT secara umum, ITPN Ende merupakan satu-satunya kampus yang fokusnya ke perikanan dengan lulusan Strata 1(Sarjana),” jelas Eldo sapaan karibnya.

Eldo menjelaskan bahwa ITPN Ende merupakan kampus yang telah memiliki izin operasional, sehingga masyarakat tak perlu khawatir akan ditutup seperti kampus lain yang pernah ditutup di Ende.

“Izin Operasional ITPN Ende keluar pada tanggal 7 Maret 2021 dengan SK nomor: 112/E/O/2022. SK ini diserahkan langsung oleh kepala LLDIKTI Wilayah 15 NTT yang menjabat saat itu yakni Prof. Drs. Mangadas Lumban Gaol, M.Si.,Ph.D di acara seremonial yang dilaksanakan di gedung Graha Ristela. Kampus kami ini baru berdiri, saat ini yang kami prioritaskan adalah pembenahan administrasi mengingat karena kemarin ada beberapa kampus yang bermasalah dengan adminstrasi. Selama inikan salahkapra oleh masyarakat bahwa izin operasional belakangan, tapi kami fokus mengurus izin terlebih dahulu. Bahkan program studi juga kemarin kita telah ajukan untuk proses akreditasi dan Puji Tuhan kita telah peroleh akreditasi dari BAN-PT untuk ketiga program studi yang ada. Sekarang ketiga program studi di ITPN sudah terakreditasi Baik,” jelasnya.

Tetap Terhubung Dengan Kami:
Laporkan Ikuti Kami Subscribe

CATATAN REDAKSI: Apabila Ada Pihak Yang Merasa Dirugikan Dan /Atau Keberatan Dengan Penayangan Artikel Dan /Atau Berita Tersebut Diatas, Anda Dapat Mengirimkan Artikel Dan /Atau Berita Berisi Sanggahan Dan /Atau Koreksi Kepada Redaksi Kami Laporkan,
Sebagaimana Diatur Dalam Pasal (1) Ayat (11) Dan (12) Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers.