Kupang,Matalineindonesia.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi NTT menggelar Rapat Pleno membahas kesimpulan hasil verifikasi faktual terhadap sembilan partai politik (PARPOL) nonparlemen calon peserta pemilu 2024. Rapat pleno digelar pada Sabtu, 10 Devember 2022.

Adapun sembilan PARPOL nonparlemen yang diverifikasi faktual adalah Partai Perindo, Umat, PSI, PKN, Hanura, Gelora, Garuda, Buruh dan PBB.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi NTT menyebutkan sembilan partai dinyatakan memenuhi syarat setelah perbaikan verifikasi faktual kepengurusan dan keanggotaan di Provinsi untuk menjadi calon peserta Pemilu 2024.

Setelah tahapan rekapitulasi di KPU provinsi NTT, berdasarkan tahapan dan jadwal pada tanggal 14 Desember 2022 KPU RI akan mengumumkan partai-partai yang lolos sebagai peserta pemilu dari sembilan PARPOL secara nasional dilakukan verifikasi faktual.

Khusus sembilan partai ini dinyatakan gagal memenuhi syarat ambang batas parlemen empat persen atau memiliki kursi di DPR-RI, sehingga dilakukan verifikasi faktual karena mereka secara tidak langsung tidak lolos sebagai peserta pemilu pada Pemilu 2019 lalu.

Adapun, Hasil Faktual Perbaikan di Provinsi Nusa Tenggara Timur dengan Minimal sebaran Kepengurusan di 17 Kab/Kota dari 22 Kab/Kota dengan Hasil Verifikasi Faktual Kepengurusan dan Keanggotaan :

1. Perindo, status MS di 20

Kab/Kota

2. Ummat, status MS di 12

Kab/Kota

3. PSI, status MS di 20

Kab/Kota

4. PKN, status MS di 19

Kab/Kota

5. Hanura, status MS di 21

Kab/Kota

6. Gelora, status MS di 17

Kab/Kota

7. Garuda, status MS di 20

Kab/Kota

8. P. Buruh, status MS di 17

Kab/Kota

9. PBB, status MS di 17

Kab/Kota.

Menanggapi hal itu, Ketua DPD HANURA Provinsi NTT , Drs. Refafi Gah, SH,. M.Pd yang di konfirmasi melalui Sekretaris DPD Hanura NTT, Elias Koa, S.I.P mengatakan rasa syukurnya kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan Rahmat dan Berkat kepada semua keluarga besar HANURA, sehingga apapun ikhtiarnya kita semua, mulai dari jajaran Pengurus Ranting atau Desa hingga Pusat bisa berjalan sebagaimana yang diharapkan oleh Kader-Kader Partai Hanura.

“Ya benar sekali Partai HANURA tertinggi Verifikasi dengan 21 Kabupaten dari 22 Kabupaten/Kota yang ada di NTT. ini sangat berbeda dengan tahun lalu atau Pemilu lalu, kini HANURA di tangan dinginnya Bpk. Refafi Gah jauh lebih baik dan Modern dalam rangka bagaimana kemudian Partai ini jauh lebih eksis daripada yang lainnya,” tandasnya.

Dikatakan, kader HANURA NTT akan bekerja lebih keras untuk menaikkan elektabilitas partai agar mencapai ambang batas parlemen (parliamentary threshold) dan siap merebut kemenangan di Pemilu 2024 mendatang.

“Optimistis saat ini pemilih HANURA sudah berada dalam kisaran ambang batas parlemen empat persen. Dia meyakini dengan kerja keras dan ikhlas, HANURA tidak hanya akan melenggang ke DPR, tapi juga menjadi partai menengah yang akan menentukan pendulum politik di tanah air,” tambahnya.

Ia mengaku, Data seluruh Indonesia sebagai syarat untuk lolos sebagai peserta pemilu dapat juga dipastikan HANURA menjadi salah satu peserta pemilu yang akan diumumkan pada tgl 14 desember 2022. Informasi ini setelah seluruh KPUD seluruh Indonesia melakukan pleno di daerah masing-masing dan disitu seluruh 34 DPD sesuai pleno KPU Provinsi di seluruh indonesia sdh dinyatakan memenuhi syarat (MS). Dan sekali lagi semua ini karena berkat dan kemurahan dari Tuhan maha kuasa

Namun demikian, Ia menegaskan, Sebagai Kader Partai tentunya terus mengikuti Tahapan-tahapan yang akan dilewati dan salah satunya adalah Melakukan dan terus melakukan konsolidasi dengan Masyarakat Pemilih dari Pelosok Desa hingga Pusat yang kemudian Partai Hanura ini dinyatakan Lolos Verifikasi Administrasi dari KPU pusat di tanggal 14 Desember nanti tentunya.

Ia menambahkan, bahwa terverifikasinya Partai Ini tentunya berkat kerjasama yang baik dari semua Pengurus, Kader, Simpatisan mulai dari Tingkat Ranting, PAC, DPC, DPD dan DPP dengan berkat Rahmat Tuhan dan juga tulus ikhlas dalam rangka meloloskan Partai ini untuk menjadi Peserta Pemilu Tahun 2024 nanti.

Selain itu, khususnya dari Pengurus DPD Atas Nama Ketua DPD Hanura NTT tidak lupa kami menyampaikan Terimakasih kepada semuanya terutama kepada Ketua Umum DPP Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO) yang menaruh perhatian penuh selama masa tahapan verifikasi faktual keanggotaan.

“Beliau selalu mengecek dan memastikan seluruh sampel keanggotaan dapat di verifikasi oleh KPU. Begitu besar perhatian Bpk. Ketua Umum sehingga seluruh Kader Hanura NTT selalu bekerjasama menyukseskan tahapan faktual keanggotaan yang nyaris mencapai 100% MS DPC,” katanya.

Ia juga tak lupa mengucapkan Terimakasih disampaikan kepada Pimpinan tertinggi di DPC Seluruh Kabupaten dan kepada PAC serta Ranting yang sudah berikhtiar semaksimal mungkin untuk semua tahapan ini sehingga Partai ini bisa Lolos Terverifikasi oleh KPU Provinsi NTT.

Tetap Terhubung Dengan Kami:
Laporkan Ikuti Kami Subscribe

CATATAN REDAKSI: Apabila Ada Pihak Yang Merasa Dirugikan Dan /Atau Keberatan Dengan Penayangan Artikel Dan /Atau Berita Tersebut Diatas, Anda Dapat Mengirimkan Artikel Dan /Atau Berita Berisi Sanggahan Dan /Atau Koreksi Kepada Redaksi Kami Laporkan,
Sebagaimana Diatur Dalam Pasal (1) Ayat (11) Dan (12) Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers.